Minecraft merupakan game sandbox indie awalnya dibuat oleh programmer Swedia Markus "Notch" Persson dan kemudian dikembangkan dan diterbitkan oleh Mojang. Itu dirilis ke publik untuk PC pada 17 Mei 2009, sebagai versi alpha perkembangan dan, setelah update bertahap, diterbitkan sebagai versi rilis penuh pada tanggal 18 November 2011. Sebuah versi untuk Android dirilis sebulan sebelumnya pada 7 Oktober, dan versi iOS dirilis pada 17 November 2011. Pada tanggal 9 Mei 2012, permainan ini dirilis di Xbox 360 sebagai Xbox Arcade permainan Hidup, co-dikembangkan oleh 4J Studios. Semua versi Minecraft menerima update berkala.
Aspek kreatif dan bangunan Minecraft memungkinkan pemain untuk membangun konstruksi dari batu bertekstur dalam prosedural dihasilkan dunia 3D. Kegiatan lain dalam permainan meliputi eksplorasi, mengumpulkan sumber daya, kerajinan dan memerangi. Gameplay dalam rilis komersial memiliki dua mode utama: kelangsungan hidup, yang mengharuskan pemain untuk memperoleh sumber daya dan menjaga kesehatan dan rasa lapar mereka, dan kreatif, di mana pemain memiliki persediaan terbatas sumber daya, kemampuan untuk terbang, dan tidak ada kesehatan atau kelaparan. Sebuah mode gameplay ketiga bernama hardcore sama dengan kelangsungan hidup, hanya berbeda dalam kesulitan, melainkan diatur ke pengaturan yang paling sulit dan respawning dinonaktifkan, memaksa pemain untuk menghapus dunia mereka setelah kematian.
Minecraft menerima lima penghargaan dari 2011 Game Developers Conference: dianugerahi Penghargaan Inovasi, Terbaik Latest permainan Award dan Best Debut Permainan Award dari Game Developers Choice Awards, dan Audience Award, serta Seumas McNally Grand Prize, dari Independent Game Festival tahun 2011. Pada 2012, Minecraft dianugerahi Golden Joystick Award dalam kategori Best Online Game. Pada April 8, 2013, game tersebut telah terjual lebih dari 10 juta kopi pada PC dan pada 22 Januari 2013, lebih dari 20 juta kopi di semua platform.